Visi, Misi, Tujuan dan Kompetensi Lulusan

Visi

Mewujudkan program studi ekonomi pembangunan yang berkualitas, mampu menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, memiliki kualitas keilmuwan yang handal, serta mampu berperan aktif dalam penyelesaian dan pengembangan ekonomi masyarakat, pada tahun 2020

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pembentukan mental dan spiritual yang tangguh yang memperhatikan kearifan budaya lokal dan global.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan pola pendidikan dan pengajaran yang unggul di bidang ilmu ekonomi agar memiliki daya saing yang tinggi di tingkat nasional.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi melalui kegiatan penelitian yang berkualitas dan berperan aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Menyiapkan mahasiswa sebagai generasi masa depan yang memiliki kepribadian yang mulia, mandiri dan bertanggungjawab.
  2. Menghasilkan mahasiswa yang memiliki kualitas keilmuan dan kemampuan analisis dalam bidang moneter perbankan dan  perencanaan pembangunan.
  3. Menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang mampu menerapkan ilmu dan pengetahuan bagi pembangunan ekonomi.

 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Dasar:

Lulusan mempunyai mentalitas yang tangguh,memiliki jiwa kreatif dan mampu menjaga agen perubahan sosial secara kritis.

Kompetensi Utama:

Mampu melakukan analisis terhadap masalah perekonomian dan berbagai permasalah lain yang terkait dengan ekonomi mikro dan makro. Mampu mengembangkan ilmu ekonomi untuk mengkritisi sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap proses pembuatan kebijakan-kebijakan ekonomi di tingkat lokal maupun nasional. Mampu melakukan pemetaan terhadap potensi ekonomi baik lokal maupun nasional, serta handal dalam menyusun perencanaan pengembangan ekonomi secara komprehensif, atau mampu menganalisis berbagai problematika keuangan dan perbankan nasional serta internasional, dapat berkontribusi dalam merumuskan konsep pengembangan keuangan dan perbankan nasional.

Kompetensi Pendukung:

Mampu melakukan penelitian dibidang ilmu ekonomi dan studi pembangunan. Mampu menyusun perencanaan strategis baik untuk lembaga pemerintah maupun non pemerintah. Mampu melaksanakan pekerjaan sesuai dengan etika dan profesi.

Kompetensi Lain-lain:

Lulusan mampu menerapkan jiwa kewirausahaan secara luas.