Sejarah

Program Studi Ekonomi Pembangunan (EP) Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo pada tahun 2010 telah memasuki usia ke-9 tahun. Berdirinya Program Studi EP bersamaan dengan proses perubahan Universitas Bangkalan dari status swasta menjadi Universitas Trunojoyo yang berstatus negeri pada tahun 2001.

SK Dirjen Dikti tentang pendirian Prodi baru tercatat pada tahun 2004 dengan nama Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP). Sesuai dengan peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tentang penataan nama program studi, maka sejak 20 Maret 2007, program studi IESP berganti nama menjadi Ekonomi Pembangunan, seiiring dengan terakreditasinya program studi menjadi B (SK Dirjen Dikti No. 562/D/T/2007).

Sebagai bagian dari Fakultas Ekonomi, salah satu misi fakultas adalah mengembangkan struktur, infrastruktur dan kultur untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas penyelenggaraan tri dharma perguran tinggi. Tujuan yang diharapkan dari misi tersebut antara lain untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas, serta kualitas akademik. Untuk mencapai tujuan di atas, salah satu program yang dilakukan adalah melalui pengembangan program studi (prodi).

Pengembangan prodi tersebut dilakukan dengan menggunakan tiga strategi,yaitu:  1) Restrukturisasi Kurikulum, 2) Pengembangan Prodi, dan 3) Pengembangan Dosen. Restrukturisasi yang dimaksud tidak hanya dengan melakukan penyesuaian kurikulum tetapi juga mencakup beberapa hal antara lain: evaluasi terhadap relevansi, hirarki dan struktur kurikulum, standartisasi kode mata kuliah, kurikulum ekonomi syariah, dll. Pelaksanaan restrukturisasi kurikulum fakultas pada tingkat prodi dilakukan oleh tim restrukturisasi kurikulum yang dikoordinir oleh ketua prodi masing-masing.