Diklat Green Economy

Diklat Green Economy diadakan oleh Universitas Trunojoyo Madura yang bekerjasama langsung dengan Bappenas. Acara ini berlangsung selama 2 minggu di Universitas Trunojoyo Madura mulai dari tanggal 8-18 Oktober 2012.

Pembukaan Acara Green Economy ini berlangsung di Gedung Auditorium kampus Universitas Trunojoyo Madura dengan jumlah peserta kurang lebih 20 orang yang merupakan perencana daerahl dari berbagai kabupaten di seluruh Indonesia. Ada yang berasal dari Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Tuban, Kabupaten Blitar, Kabupaten Gresik, bahkan ada yang berasal dari Pemkot Singkawang. Green Ekonomi ini dihadari pula oleh Bapak Hari Nasiri selaku Kabid PUSBINDIKLAT dan acara dibuka langsung oleh Rektor Universitas Trunojoyo Madura.

“Diklat green ekonomi  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas peserta maupun konstitusi yang terkait dengan green ekonomi,dan juga  perencanaan daerah diseluruh Indonesa. Disisi lain bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk bisa berkontribusi dalam pencapaian Green economy. Menurut Prof. Dr. M. Nizarul Alim, S.E. ,M.Si., AK, “Green Economy merupakan program pemerintah untuk pembangunan berkelanjutan,yang memperhatikan lingkungan dan sosial di seluruh Indonesia”,

Universitas Trunojoyo Madura dipilih sebagai Tuan Rumah karena Universitas Trunojoyo Madura  secara kelembagaan dianggap sudah memiliki kapasitas dan memiliki nilai uji kompetensi di bidang tersebut, dalam program Green Economy melibatkan 4 dosen Fakultas Ekonomi yang dilibatkan langsung dalam Green Economy di Jepang, diantaranya adalah :

1. Kurniyati Indahsari, M.Si

2 Bondan Satriawan, S.E, Mecon., St.

3 Prof. Dr. M. Nizarul Alim, S.E., M.Si., AK

4 Ris Yuwono yudo Nugroho, S.E, M.Si

Acara ini juga melibatkan beberapa Dosen baik dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian,dan Fakultas Teknik dari Universitas Trunojoyo Madura sebagai pemateri yang memberikan wawasan pada peserta dari berbagai kabupaten diseluruh Indonesia.

Setelah acara pembukaan yang diadakan di Ruang Auditorium Kantor Pusat hari berikutnya acara Diklat ini berlangsung di Ruang Teleconference Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura. Acara diklat tersebut tidak hanya dilakukan di dalam ruangan saja, tetapi juga ke lapangan yang dinamakan dengan “FIELD TRIP”. Field Trip ini dilakukan di 2 kali, pertama pada Hari Sabtu, 13 Oktober 2012, peserta berkunjung ke kabupaten Pamekasan dalam rangka pembelajaran Energi Angin Berbasis Teknologi Tepat Guna (TTG). Kedua pada Hari Selasa, 16 Oktober 2012 berkunjung ke PT Semen Gresik dalam rangka Pembelajaran Green Industry. Pada kunjungan ke PT Semen Gresik, peserta di bawa ke “Rumah Kompos”, disana peserta mempelajari bagaimana sampah-sampah yang diurai dan diproses sehingga menjadi pupuk kompos.

Pihak dari PT Semen Gresik, khususnya Semen Gresik Foundation (SGF) jg mengajak para peserta berkunjung ke Unit Pengolahan Lahan Energi Alternatif Eks Tambang. Disana para peserta dapat mengetahui bagaimana proses pembuatan minyak jarak yang akhirnya dapat digunakan sebagai bahan biodiesel.

Acara yang mulanya akan ada pemateri dari pihak Bappenas, hingga acara penutupan berlangsung berhalangan hadir. Acara penutupan pun dimajukan pada Hari Kamis, 18 Sept 2012 pukul 16.00. Pada Acara Penutupan tersebut ada juga penyerahan hadiah kepada Pemateri Terfavorit pilihan peserta dan Peserta Terfavorit pilihan para peserta. Pemateri terfavorit jatuh kepada pada Bapak Prof. Dr. Ir. M. Zainuri dan Peserta terfavorit jatuh kepada Bapak Eko Subyanto, S.Pt., M.T, peserta dari Pemkot Singkawang. Acara pun ditutup oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Bapak Prof. Dr. M. Nizarul Alim, S.E., M.Si., AK.